MENU
[ New messages · Members · Forum rules · Search · RSS ]
Page 1 of 11
NTSD Indonesia Site » Little Fighter Games » LF Games Guide » [Tutorial] Menjadi Seorang LF2 Data Changer (Bagian 1: Perkenalan, Mengenal [data.txt])
[Tutorial] Menjadi Seorang LF2 Data Changer
shin_hanazumiDate: Monday, 2015-06-15, 9:00 PM | Message # 1
Genin
Group: Members
Messages: 17
Awards: 5
Reputation: 17
Status: Offline
Salam kawan-kawan sekalian.

Sebelum saya mulai pembahasan ini, pertama-tama saya mau mengingatkan dulu, bahwa saya adalah seorang LF2 data changer yang kemampuannya belum setinggi NTSD crew, jadi semua yang saya tulis memang bisa diaplikasikan di Little Fighter 2 (normalnya di versi 2.0a), akan tetapi mungkin tidak bisa diaplikasikan di beberapa versi NTSD (atau mungkin semuanya) yang exe enginenya sudah mengalami banyak hex modification.

Sebagai pembuka, saya mau mengenalkan soal Little Fighter 2 dulu. Little Fighter 2 adalah game yang dibuat oleh Marti Wong dan Starsky Wong yang dirilis pada tahun 2009 (update-an terakhirnya rilis tahun 2009). Game itu adalah perkembangan dari game-game Little Fighter sebelumnya yang Marti buat sendiri (Starsky baru bergabung pada versi 2.0). Little Fighter 2 sendiri sebenarnya bukanlah game yang sempurna, masih terdapat bug disana-sini, seperti contohnya panah Henry yang ketika dihancurkan (Contoh dengan Soul Bombnya Julian) malah jadi serpihan batu, dsb. Tapi salah satu nilai tambah dari Little Fighter 2 adalah ke-fleksibel-annya yang memudahkan pemain untuk mengotak-atik gamenya, salah satunya berkat program [LF2 data changer] yang dibuat oleh Jiquera Mondilano. Nah, pada pembahasan (panjang yang berchapter-chapter) ini, saya mau menjelaskan tata cara mengkostumisasi data-data LF2 dengan menggunakan data changer Jiquera.

Pada bagian pertama ini, sebagai perkenalan, saya akan menjelaskan rincian mengenai [data.txt] terlebih dahulu. Pada folder [data]di Little Fighter 2, terdapat beberapa text file (file dengan format [.txt]). Text file yang paling penting dalam mengkostumisasi Little Fighter 2 adalah [data.txt]. Bisa dibilang [data.txt] adalah otak dari Little Fighter 2. Semua file yang tertulis dan terdata disini akan dimasukkan dan diproses di game. Perlu diketahui sebelumnya bahwa file yang bisa dibaca oleh [data.txt] hanyalah file-file "data" yang berformat [.dat].


Pada [data.txt], terdapat tiga bagian yang ditandai dengan tanda "<>": [object], [file_editing], dan [background].
Yang paling penting berada pada bagian [object]. Pada bagian ini, terdapat tiga unsur yang harus dimengerti para data changer, yaitu [id], [type], dan [file].
Pertama: [id]. [id]merupakan nomor identitas setiap data pada setiap bagian di [data.txt] pada game. Semua data yang akan dibaca di game harus memiliki nomor identitas ini. Untuk setiap bagiannya, satu [id]hanya bisa diisi oleh satu data saja (menurut saya ini harus. Ini adalah salah satu syarat supaya game benar-benar berjalan dengan benar). Jika ada data lain yang memiliki [id]yang sama, untuk pemilik [id]tersebut, maka game hanya akan membaca (bisa dibilang menganggap), bahwa data yang ditulis pada baris yang lebih awal sebagai pemilik [id]tersebut {Contoh: pada bagian [object], [id: 226] hanya milik [file: data\justin_ball.dat]. Jika [id]untuk [file: data\julian_ball2.dat] diganti menjadi 226 juga (jadinya: id: 226  type: 3  file: data\julian_ball2.dat), maka game akan membaca bahwa pemilik [id: 226] adalah [file: data\justin_ball.dat] karena [file: data\justin_ball.dat] berada di baris yang lebih awal daripada [file: data\julian_ball2.dat]). Jika keadaan ini (dimana dalam satu bagian pada [data.txt] terdapat lebih dari satu pemilik [id]yang sama) dipaksakan, game tidak akan berjalan dengan benar. Jadi, satu [id]hanya diperuntukkan untuk satu data saja untuk setiap bagiannya (maksudnya setiap bagian memiliki stok [id]nya sendiri, jadi apabila ada pemilik nomor [id]yang sama pada bagian yang berbeda, bukan masalah..).
Berikut adalah rincian fungsi khusus yang dimiliki [id]tertentu pada bagian [object]secara urut dari [id: 0]:

Kedua: [type]. [type]merupakan jenis [file]yang akan dibaca pada game. Jadi setiap [file]yang dibaca pada game itu memiliki jenis yang berbeda-beda.

Berikut adalah daftar jenis-jenis (atau bisa dibilang [type]) untuk setiap [file]pada [data.txt]:

Ketiga: [file]. [file]merupakan unsur yang berfungsi menunjukkan direktori dari data yang akan dibaca game. Direktori itu dimulai dari folder utama game itu.

Selain ketiga unsur itu, ada juga tambahan berupa hashtag (kata didahului dengan tanda "#"). Hashtag digunakan untuk memberikan komentar/catatan khusus yang tidak akan terbaca game yang berfungsi untuk memudahkan pembuat game.

Kemudian bagian [file_editing]. Pada bagian ini, dapat dilihat satu-satunya baris yang kita lihat adalah [data\nothing.txt]. Jika kita lihat kembali pada folder [data], tidak ada text file yang bernama "nothing.txt". Ini hanya dugaan saya, mungkin Marti menyisipkan celah pada bagian ini (yang diisi oleh [data\nothing.txt] secara default) untuk memungkinkan pemain game meng-edit game melalui file text.

Yang terakhir adalah bagian [background]. Pada bagian ini, hanya terdapat dua unsur yang sama dengan kedua unsur pada bagian [object], yaitu [id]dan [file]. Pada bagian ini, fungsi-fungsi khusus hanya ditentukan oleh urutan penempatan baris. {Contoh: Kalau urutan baris [id: 2    file: bg\sys\lf\bg.dat] ditukar dengan [id: 3    file: bg\sys\sp\bg.dat], maka background untuk [stage 1] adalah Stanley Prison dan background untuk [stage 2] adalah Lion Forest}.

Untuk link-link download-an yang dibutuhkan bisa dilihat disini

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan pada bagian pertama ini. Kalau mungkin ada kesalahan pada tulisan ini, saya mohon bantuannya, karena jujur, menulis semacam how-to seperti ini (membutuhkan cross check berulang-ulang dan memastikan apa yang saya ketik itu adalah pasti) istilahnya bukan saya banget, jadi apabila ditemukan kesalahan pada tulisan ini, sekali lagi saya mohon bantuannya untuk dicek dan diberitahukan kepada saya, agar saya perbaiki. Saya juga mohon maaf atas cara penulisan saya yang mungkin kurang menarik agak bikin pusing. Jadi, sekian, terima kasih.

Best regards-

PS: Seperti yang saya bilang sebelumnya, menulis hal-hal seperti ini rasanya bukan saya banget, maka dari itu, saya tidak bisa memastikan, kapan saya akan melanjutkan tutorial "how-to-be-a-lf2-data-changer" ini. Jadi saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kemalasan saya..


-Shin Hanazumi
Second Flower of Hanazumi Kazoku


Message edited by shin_hanazumi - Monday, 2015-06-15, 10:04 PM
 
Naruto_Sage_ModeDate: Tuesday, 2015-06-16, 5:45 AM | Message # 2
Kage
Group: Millenium Member
Messages: 312
Awards: 7
Reputation: 110
Status: Offline
Wow 067
 
KurokageDate: Wednesday, 2015-06-17, 5:34 AM | Message # 3
Kage
Group: Millenium Member
Messages: 416
Awards: 17
Reputation: 115
Status: Offline
brarti klo id di luar itu gk punya fungsi khusus ya? 033

"Jika kamu ingin seseorang percaya padamu, hal pertama yang harus dilakukan adalah meyakinkan mereka bahwa kamu mempercayai mereka."
 
shin_hanazumiDate: Wednesday, 2015-06-17, 4:52 PM | Message # 4
Genin
Group: Members
Messages: 17
Awards: 5
Reputation: 17
Status: Offline
Fungsi2 khusus yg saya tulis disana itu "fungsi khusus yg hanya dimiliki id/type (sesuai paragraf yg saya tulis) tersebut". Adapun fungsi2 khusus lain yg tidak sy tulis berarti bukan "fungsi khusus yg dimiliki id/type tsb", melainkan fungsi khusus yg dimiliki/disebabkan oleh faktor2 lain (tapi bukan cuaca, badai, dsb. juga ya :D).
Best regards-
Ps: sebenarnya sudah saya jawab di grup fb sih, tapi sekalian nambah jumlah post (message?) akun forum sama in case kalau ada yg ga ikut grup fbnya, biar bisa lihat jawaban ini juga.


-Shin Hanazumi
Second Flower of Hanazumi Kazoku
 
KurokageDate: Wednesday, 2015-06-17, 8:16 PM | Message # 5
Kage
Group: Millenium Member
Messages: 416
Awards: 17
Reputation: 115
Status: Offline
salah satu faktornya tergantung file .dat nya ya gan? 033

"Jika kamu ingin seseorang percaya padamu, hal pertama yang harus dilakukan adalah meyakinkan mereka bahwa kamu mempercayai mereka."
 
shin_hanazumiDate: Thursday, 2015-07-23, 9:48 PM | Message # 6
Genin
Group: Members
Messages: 17
Awards: 5
Reputation: 17
Status: Offline
Hmm.. ya banyak. Tergantung, hal2 yang kawan pahami sebagai fungsi khusus itu gimana. Bisa dari no id, unsur2 di dalam datanya, file [.dll]nya, hex enginenya, atau AInya. Gitu deh..
Untuk bagian yang selanjutnya saya mau masuk ke <bmp_begin> di file data. Tapi kuota saya tinggal 3 mb. T_T
Bikin thread yg BBR aja maksa dan ngulang ngetik beberapa kali gara2 gagal (biasa lah hp java). Yah, untuk yg nantiin bagian kedua dari serial tutorial ini, sehubungan dengan sedikitnya materi yg akan saya ulas (emang sedikit banget materinya), begitu saya sudah bisa isi kuota lagi, akan secepatnya saya buat. (ATAU ADA YANG MAU NGISIIN KUOTA?? Wkwkwk... :D)

Best regards-

Added (2015-07-23, 9:48 PM)
---------------------------------------------
Nah, ada yang kurang:
Untuk yang lebih mudah, bisa menggunakan LF2 Data Changer Write To Exe dari Someone else.
Ada juga yang saya gunakan sampai sekarang Visual LF2 Data Changer dari YinYin.


-Shin Hanazumi
Second Flower of Hanazumi Kazoku
 
NTSD Indonesia Site » Little Fighter Games » LF Games Guide » [Tutorial] Menjadi Seorang LF2 Data Changer (Bagian 1: Perkenalan, Mengenal [data.txt])
Page 1 of 11
Search: